Tubuh dan roh memuliakan Allah

18 Jan 20150 komentar


Salah satu hasil pemikiran dari golongan gnostik adalah dengan mengatakan bahwa roh lebih bernilai dari tubuh (daging). Roh adalah sesuatu yang ilahi, yang terbelenggu di dalam daging atau tubuh yang fana dan penuh dosa. Daging (tubuh) adalah bersifat materi yang akan menuju kebinasaan. Oleh karena sifat materi yang jahat maka tidak ada perbuatan tubuh yang baik,  dan wajar tubuh (daging) menghasilkan hal-hal yang jahat. Oleh karena itu dibutuhkan cara hidup saleh dan menyiksa tubuh agar roh yang terkurung di dalamnya dapat dilepaskan.

Pemahaman ini sangat bertentangan dengan iman kekristenan yang ada di jemaat Korintus. Menurut Rasul Paulus bahwa roh dan tubuh adalah berasal dari Allah dan diciptakan Allah menurut rupa dan gambar Allah. Dengan demikian, manusia hidup bukan hanya roh, dan bukan hanya daging, melainkan oleh roh dan tubuh (daging). Tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah. Jika manusia memiliki tubuh maka tubuhnya adalah untuk kemuliaan nama Allah. Dan jikalau manusia memiliki roh maka itu untuk melayani Allah. Roh dan tubuh (daging) semuanya untuk melayani Allah karena yang ditebus Allah dalam Yesus Kristus itu bukanlah hanya roh kita melainkan totalitas hidup kita, roh dan tubuh.

Dengan pengertian inilah maka kepada masing-masing kita dipanggil untuk mempersembahkan tubuh dan roh kita untuk kemuliaan nama Tuhan. Dalam diri kita seharusnya terdapat roh yang senantiasa mengenal Allah dan kemauan Allah serta melalui roh itu juga kita dapat mengenal jalan kebenaran dan kebaikan Tuhan dalam hidup kita. Sehingga, melalui tubuh (daging) kehendak Allah dan keinginanNya dapat dilakukan. Melalui tubuhlah kita dapat melakukan kasih, perbuatan baik, melakukan hal - hal yang berkenan dengan Allah. Maka dengan demikian, roh yang hidup dan yang melayani Tuhan adalah roh yang menggerakkan seluruh tubuh kita untuk melakukan kehendakNya serta membuahkan buah-buah roh yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan. Kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri (Galatia 5:22). Semuanya itu dapat dilakukan oleh tubuh (daging) yang telah dipimpin oleh roh Allah. Peliharalah kekudusan tubuh dan rohmu. Amin

catatan : "Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar : karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu". 
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website
Copyright © 2014. Pisscor Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger