Tentang Visual Basic

28 Sep 20111komentar


Visual Basic.Net6 merupakan salah satu tool development Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi di lingkungan kerja berbasis sistem operasi Windows.
Dalam Microsoft Visual Studio. Netn terdapat dua komponen yang harus di instal ketika akan menngunakan bahasa pemograman Visual Basic.Net, komponen-komponen tersebut adalah :
1. NETFramework Class Library. Komponen ini digunakan untuk menjalankan aplikasi melalui objek yang telah didefenisikan, antara lain ; Label, Form, Textbox, Button, Listbox, Datetimepicker, dan lain-lain.
2. Common Language Runtime (CRL). Komponen ini digunakan untuk mengeksekusi program yang ditulis dalam bahasa pemograman yang ada dalam lingkungan Microsoft Visual Studio.Net, Seperti ; C#.Net,C++.Net,J#.Net, dan juga Visual Basic.Net.

A. Framework.Net
Framework.Net merupakan platform yang digunakan untuk membangun aplikasi windows, Web base, dan juga layanan XML (Extensible Markup Language).

Framework.Net juga menyediakan komponen untuk melakukan data share melalui network menggunakan platform protokol independen, seperti; XML, SOAP, dan HTTP.
Framework.Net tersusun atas dua komponen utama, yaitu ;
-Net Framework Class Library, dan
-Common Language Runtime.

B. Common Language Runtime
Common Language Runtime (CLR) merupakan dasar dari Framework.Net yang berfungsi untuk memanggil, mengelola, dan mengeksekusi, kode program.
Beberapa kegunaan dari Common Language Runtime ini adalah ;
1. Menkonversi dari Intermediate Language (IL) kedalam bahasa mesin.
2. Mengelola kode.
3. Mengelola keamanan kode akses.
4. Mendukung  pelayanan pengembang.
5. Membuat otomatisasi layout objek.

C. Variabel dan Tipe Data
Variabel merupakan bagian yang tidak dapat di pisahkan dari sebuah program aplikasi. Variabel digunakan untuk menyimpan data sementara pada saat program dijalankan.
Sebagai tempat menyimpan data, variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu. Hal ini berbeda dengan versi Visual Basic sebelumnya dimana variabel dapat dikenal meskipun tidak dideklarasikan sebelumnya. Cara lama ini akan mengakibatkan penggunaan memori yang cukup boros karena varibel akan dideklarasikan secara otomatis dengan tipe variant yang memakan banyak memori.
Dalam Visual Basic.Net, setiap variabel yang digunakan harus dideklarasikan terlebih dahulu berdasarkan tipe data yang dikenal dalam Visual Basic.Net.
Cara ini akan menjadikan pengalokasian memori menjadi lebih efisien, karena memori yang dialokasikan sesuai dengan kebutuhan.
" Langkah-langkah dalam membuat suatu Program Visual Basic.Net" adalah ;
1. Merancang Program
Pada tahap ini, kita menempatkan Form yang berisi komponen-komponen yang akan dibuat dalam project tersebut.
2. Mengatur Properties
Tahap ini terkadang dilewatkan oleh kalangan pemula. Namun hal ini disarankan untuk mendapatkan dokumentasi yang baik dari project yang dibuat dan akun sangat membantu jika project dikerjakan oleh beberapa Programer yang berbeda.
3.Menuliskan kode Program
Setelah merancang dan mengatur Properties selanjutnya membuat kode program. Penulisan koding ini erat kaitanya denga pengaturan properties untuk tiap komponen yang akan akan dibuat.
4.Build atau RUN program
Langkah terakhir adalah program yang dibuat kita build atau langsung di-RUN/dijalankan. Jika masih terdapat kesalahan atau error, pesan kesalahan tersebut akan ditunjukkan pada output window dan jika sudah melewati pesan kesalahan atau sukses, kita tinggal mengujikan apakah program kita sesuai dengan algoritma yang dibuat atau tidak.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
14 Januari 2012 05.15

bljar program vb,, like it..

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website
Copyright © 2014. Pisscor Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger